Erick Thohir Jadi IOC (International Olympic Committee Members


 Erick Thohir (Tengah)
Garuda888 Sport -- Erick Thohir menjadi bagian kepengurusan International Olympic Committee (IOC). Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) itu disahkan sebagai anggota IOC Members di Laussane. 

Pengesahan Erick sebagai anggota IOC Members itu dilakukan dalam sidang ICO di Swiss pada 24-26 Juni. Pengesahan Erick sebagai IOC Member itu dilakukan bersama sembilan anggota baru lain dalam Komisi Pemilihan Anggota IOC yang diketuai oleh HRH The Princess Royal, atau Putri Anne dari Inggris Raya. 

Langkah itu membuat Erick menjadi orang Indonesia pertama yang menjadi bagian IOC Members Rita Subowo 12 tahun silam. Rita diangkat menjadi IOC Members pada tahun 2007 di sidang IOC ke-119 di Guatemala. Tokoh-tokoh olahraga nasional lain yang pernah menempati posisi itu di antaranya, Suprayogi, Sri Sultan Hamengkubuwono IX, dan Mohammad "Bob" Hasan. 

"Saya merasa terhormat karena disahkan menjadi bagian dari IOC. Ini juga menjadi kebanggaan bagi saya pribadi dan terutama Indonesia karena setelah 12 tahun, muncul lagi perwakilan Indonesia, meskipun secara perorangan, di organisasi olahraga dunia ini. Setidaknya, Indonesia akan semakin dikenal di IOC dan forum olahraga internasional lainnya," ujar Erick.

IOC Members merupakan perwakilan IOC yang ada di negara mereka masing-masing, namun bukan merupakan delegasi dari negara yang bersangkutan di IOC. Tugas utama IOC Members mewakili dan mempromosikan kepentingan IOC dan Olympic Movement di negara mereka dan dalam organisasi Gerakan Olimpiade tempat mereka berkiprah. Selain itu, anggota IOC Members bertugas menetapkan seluruh nomor event di Olimpiade, kemudian memilih dan menetapkan tuan rumah Olimpiade musim panas dan musim dingin.

Dengan terpilih sebagai IOC Members, Erick menilai ada tanggung jawab moril yang harus diemban untuk selalu menggelorakan gerakan dan semangat olimpiade di Indonesia. Ia juga menambahkan bahwa hal itu menjadi momen untuk terus meningkatkan prestasi dan eksistensi olahraga Indonesia di panggung internasional.

"Dalam konteks usaha kita untuk mencalonkan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, adanya perwakilan perorangan di IOC merupakan hal positif," ujar Erick yang juga menjabat sebagai Central Board Member di FIBA (Federasi Basket Internasional) dan Dewan Klub Oxford United

"Indonesia bisa terus meningkatkan hubungan baik dengan IOC dan negara-negara anggota lainnya untuk memajukan prestasi olahraga nasional dan menggelar banyak ajang olahraga internasional, serta terus berkampanye tentang gerakan olimpiade dan membina generasi muda dengan menyebarkan semangat persahabatan, solidaritas, dan fair play," ujar Erick.





Belum ada Komentar untuk "Erick Thohir Jadi IOC (International Olympic Committee Members"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel